Harga Listrik Di Indonesia Tidak Semahal Di Negara Lain - Anti Isu

Breaking

Tuesday, August 28, 2018

Harga Listrik Di Indonesia Tidak Semahal Di Negara Lain



Presiden Jokowi menegaskan melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tarif listrik di Indonesia masih jauh lebih murah ketimbang negara tetangga. Saat ini pemerintah terus berpaya agar tarif listrik bisa lebih terjangkau masyarakat.
Dari tarif listrik 190 negara, Indonesia masih berada dalam kelompok 10 negara dengan tarif listrik termurah. Ini berdasarkan data Bank Dunia, pada kemudahan investasi.
Adapun tarif listrik Indonesia, rata-rata sebesar USD 11,1 sen per kilo Watt hour (kWh). Tarif ini jauh lebih murah ketimbang Malaysia USD 12,9 sen per kWh, Thailand USD 13,5 sen per kWh dan Filipina tarif listriknya, rata-rata USD 18,67 sen per kWh.
Tarif rumah tangga di Indonesia dengan daya 450 volt Amper (vA) dan 900 v‎A bersubsidi, dikenakan biaya Rp 169 per kWh untuk penurunan 30 kWh pertama.
Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sangat memengaruhi Biaya Pokok Penyediaan (BPP) listrik PT PLN (Persero). Namun perusahaan tidak akan menaikkan harga listrik dan lebih memilih untuk melakukan efisiensi. PLN berusaha mempertahankan tarif listrik agar tidak naik kepada konsumen.

No comments:

Post a Comment

Pages