Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Di Maluku - Anti Isu

Breaking

Friday, August 31, 2018

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Di Maluku



Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan di Maluku Utara, yakni Pelabuhan Laut Tapeleo, Pelabuhan Wayabula, dan Pelabuhan Bicoli.

Pembangnan fasilitas pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya wilayah perbatasan menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mewujudkan program Nawacita serta menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Saat meresmikan pelabuhan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani di Pelabuhan Tapaleo, yang terletak di desa Tepeleo, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi prioritas untuk pembangunan insfrastruktur pelabuhan.

"Negara kita negara besar. Ada 17 ribu pulau. Tetapi baru sebagian kecil yang memiliki pelabuhan. Oleh karena itu, disini termasuk yang kami berikan prioritas. Alhamdulilah dalam 3 tahun pembangunan ketiga pelabuhan (Tapaelo, Bicoli dan Wayabula) selesai," kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Presiden berpesan agar semua warga dapat membantu pemerintah menjaga pelabuhan dan tetap bebas pungutan liar.

"Dirawat baik. Jangan sampai ada pungli, kalau ada dilaporkan ke saya. Kalau ada nanti jadi beban tambahan rakyat Maluku Utara," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Peresmian ketiga pelabuhan berpusat di Pelabuhan Tapaleo. Pelabuhan ini berada di sisi paling timur Kabupaten Halmahera Tengah. Pelabuhan ini ditetapkan sebagai pelabuhan pengumpan lokal karena dibangun dengan fasilitas dermaga, trestle, terminal penumpang, gudang, dan lapangan penumpukan.
Pelabuhan Wayabula juga bakal menjadi pengumpul lokal. Pelabuhan yang terletak di Pulau Morotai ini memiliki posisi strategis karena berada di pinggir jalur perdagangan Asia Pasifik.

Pelabuhan ini diharapkan meningkatkan roda perekonomian di Morotai, seperti hasil pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan, serta pertambangan. Tak lupa sektor pariwisata. Sebab, Morotai memiliki banyak objek sejarah peninggalan perang Dunia kedua.

Sementara, Pelabuhan Bicoli menjadi sarana perhubungan terpenting bagi sisi timur Provinsi Maluku Utara. Beberapa kecamatan di sana, terutama Halmahera Timur, sama sekali belum dapat ditembus transportasi darat. Pelabuhan ini juga menjadi pengumpul regional.

No comments:

Post a Comment

Pages