Meski Tak Berstatus Bencana Nasional Hampir 1 Triliun Dana Yang Diberikan Untuk Lombok - Anti Isu

Breaking

Tuesday, August 28, 2018

Meski Tak Berstatus Bencana Nasional Hampir 1 Triliun Dana Yang Diberikan Untuk Lombok



Pemerintah tetap memberi perhatian serius terhadap bencana yang menimpa lombok dan sekitarnya meski tak ada status bencana nasional.
Pemerintah pusat telah mengucurkan dana hampir Rp. 1 Triliun atau Rp. 985,8. Setelah itu, pemerintah akan kembali memberikan bantuan untuk tahap rehabilitasi mulai 26 september mendatang.
Dana tersebut terdiri dari Rp557,7 miliar disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Rp428,1 miliar melalui Kementerian/Lembaga,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui fanpage facebook-nya, yang diunggahnya dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), seperti dikutip pada Jumat (24/8/2018)
Dengan bantuan pemerintah ini, maka penanganan gempa di Lombok sudah seperti bencana nasional meskipun status tersebut tak pernah ditetapkan.
Status bencana nasional hanya bisa dilakukan apabila pemerintah daerah setempat memang sudah tidak berfungsi. Kalla mencontohkan bencana tsunami di Aceh saat ia menjabat sebagai wapres pada 2004 lalu. Saat itu, seluruh Pemda di Provinsi Aceh sudah lumpuh karena dampak kerusakan yang ditimbulkan.
Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mendesak pemerintah untuk mengubah status bencana gempa Lombok menjadi bencana nasional. Menurutnya, status tersebut bisa mempercepat penanganan gempa Lombok.
Meski demikian, Presiden Jokowi menegaskan meskipun gempa Lombok tak berstatus bencana nasional, kini seluruh Kementerian/Lembaga sudah dikerahkan untuk penanganan bencana. Sehingga skala penanganan sudah setara dengan bencana nasional. Nantinya Presiden juga akan mengeluarkan Intruksi Presiden (Inpres) terkait koordinasi Kementerian dan Lembaga.
Kementerian Dalam Negeri sendiri juga sudah meminta agar pemerintah daerah lain yang ada di Indonesia, turut serta membantu agar lebih meringankan lagi para warga yang terpapar gempa di Lombok. Bentuknya melalui surat edaran.
Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) juga sudah ditugaskan untuk membangun kembali rumah-rumah para warga di Lombok.

No comments:

Post a Comment

Pages