Fakta & Data Tanggapi ISU Serbuan Tenaga Kerja Asing - Anti Isu

Breaking

Friday, September 28, 2018

Fakta & Data Tanggapi ISU Serbuan Tenaga Kerja Asing

Isu mengenai tenaga kerja asing kembali menjadi perhatian publik begitu Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Dikhawatirkan, Perpres ini membuat tenaga asing membanjir tak terkendali di Indonesia.

Fakta & Data Tanggapi ISU Serbuan Tenaga Kerja Asing


Perpres Nomor 20 tahun 2018 bertujuan untuk menyederhanakan sistem birokrasi perizinan terkait investasi asing atau penanaman modal asing (PMA). Diyakini, prosedur yang ringkas bakal membuat iklim investasi di Indonesia semakin kondusif.

Muaranya, lapangan pekerjaan pun bakal meningkat dan akan mengurangi pengangguran. Saat peluang kerja meningkat, masyarakat Indonesia akan diuntungkan.

Pemerintah tetap mengutamakan tenaga kerja dalam negeri untuk mengisi lowongan pekerjaan dari PMA itu. Adapun tenaga kerja asing, tetap dibebani sejumlah persyaratan yang mengikat.

Adapun tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia tetap harus memenuhi kualifikasi tertentu, seperti syarat pendidikan minimal dan kompetensi kehalian. TKA juga hanya diperbolehkan mengisi jabatan-jabatan tertentu dengan waktu yang dibatasi.

Di luar itu, tenaga kerja asing juga dikenai pajak penghasilan yang tinggi. Cara ini diyakini akan membuat tenaga kerja asing yang masuk di Indonesia benar-benar bermanfaat dan menguntungkan.

Salah satunya dalam hal alih teknologi. Tenaga kerja dalam negeri pun akan diuntungkan lantaran memperoleh ilmu dan keahlian baru.

No comments:

Post a Comment

Pages