Kepulauan Nias 100% Teraliri Listrik Pada 2019 - Anti Isu

Breaking

Wednesday, September 19, 2018

Kepulauan Nias 100% Teraliri Listrik Pada 2019

Kepulauan Nias 100% Teraliri Listrik Pada 2019

Masih banyaknya wilayah di Kepulauan Nias yang belum teraliri listrik menjadi permasalahan yang harus segera ditangani oleh pemerintah. PT PLN (Persero) Wilayah Sumut dan Pemerintah Daerah (Pemda) se-Kepulauan Nias, yaitu Nias, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan dan Gunung Sitoli, berkomitmen untuk mewujudkan Kepulauan Nias terang 2019.

Komitmen itu tertuang dalam penandatanganan MoU kerja sama mewujudkan Nias terang 2019 antara PLN Area Nias dengan Kepala Daerah se-Kepulauan Nias di Kantor Bupati Nias Jalan Pelud Binaka Km 9 Ononamolo I LOT Gunung Sitoli Selatan, Nias, Selasa (18/9/2018).

Hadir menandatangani MoU Bupati Nias Sokhiatulo Laoli, Bupati Nias Utara Marselius Ingati Nazara dan Walikota Gunung Sitoli Lakhomizaro Zebua dan Manager PLN Area Nias Evan Suseno Sirait disaksikan General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto.

Kerjasama ini merupakan wujud kerja PLN bersama seluruh stakeholder untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta pengawasan dan pengamanan penggunaaan tenaga listrik di Kepulauan Nias.

General Manager PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto mengatakan kerjasama ini sangat penting karena semua pihak dapat dilibatkan secara langsung untuk membangun kelistrikan di Pulau Nias.

Perampalan pohon menjadi hal penting dalam membangun jaringan, dikarenakan jaringan tenaga listrik yang dibangun berupa Hantaran Udara Tegangan Menengah (HUTM) yang diaruskan melalui kawat dan disulang oleh tiang jaringan, dan harus dijaga kestabilannya dari sentuhan pohon, hewan, maupun benda asing.

Begitu juga pentingnya menghindari pencurian listrik, karena sekecil apapun pencuriannya mampu mengganggu arus tenaga listrik sehingga menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus dan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder untuk mengawasi dan mengelola kelistrikan di Pulau Nias.

Selain itu, mengapa Kepulauan Nias jadi prioritas pembangunan akses listrik karena potensi situs pariwisatanya yang indah. Situs pariwisata masih memerlukan peningkatan rasio elektrifikasi yang tinggi agar seluruh penduduk Pulau Nias dapat memiliki kesempatan sama untuk membuka peluang pariwisata dengan kondisi kelistrikan mumpuni.

No comments:

Post a Comment

Pages