RAPBN 2019 Untuk Dorong Investasi & Daya Saing Melalui Pembangunan SDM - Anti Isu

Breaking

Wednesday, September 19, 2018

RAPBN 2019 Untuk Dorong Investasi & Daya Saing Melalui Pembangunan SDM

RAPBN 2019 Untuk Dorong Investasi & Daya Saing Melalui Pembangunan SDM


Tema Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran (TA) 2019 adalah untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM),” seperti yang tertulis dalam keterangan pers Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, Jakarta (16/8/2018).

Mengutip bahan Rancangan anggaran pendapatan belanja negara (RAPBN) 2019 belanja K/L cenderung meningkat, dengan perbaikan fokus pemanfaatan dan perbaikan kinerja penyerapan.

Pemerintah melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan program prioritas meningkatkan efektivitas program perlindungan sosial. Kemudian pengalihan subsidi pangan ke bantuan sosial.

Program Pemerintah tersebut akan dilaksanakan secara bertahap sejak 2017, tujuannya agar menjadi lebih tepat sasaran. Pemerintah juga mengupayakan terjadinya peningkatan anggaran infrastruktur disertai upaya perbaikan dalam pelaksanaannya.

Untuk 2019, anggaran belanja lebih diarahkan kepada penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) mulai dari pendidikan, kesehatan dan vokasional. Lalu penguatan efektivitas program perlindungan sosial seperti keberlanjutan PIP, peningkatan peserta PBI JKN/KIS, peningkatan indeks manfaat program keluarga harapan (PKH).

Pemerintah selanjutnya juga akan mendukung penguatan investasi dan ekspor, diantaranya seperti percepatan dan perbaikan kualitas infrastruktur. Selain itu, juga ditempuh pemberian dukungan terkait sejumlah pelaksanaan agenda strategis, diantaranya Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 mendatang.

No comments:

Post a Comment

Pages