Rupiah Makin Perkasa Jauhi Level Rp. 15.000/USD - Anti Isu

Breaking

Saturday, September 8, 2018

Rupiah Makin Perkasa Jauhi Level Rp. 15.000/USD

Rupiah Makin Perkasa Jauhi Level Rp. 15.000/USD


Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore kemarin kembali menguat hingga menyentuh level Rp.14.820 per dolar AS. Penguatan rupiah ini terjadi seiring melemahnya dolar AS terutama didorong ancaman perang dagang AS kepada Jepang.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan penguatan Rupiah tidak bisa lepas dari peranan Tuhan, pemerintah dan para pengusaha. "Karunia Allah juga kan ini bahwa Rupiahnya stabil menguat," kata Perry di Kompleks BI, Jumat (7/9).

Perry juga mengapresiasi langkah pemerintah yang terus berupaya melakukan beberapa kebijakan untuk menguatkan Rupiah. "Konteks itu saya tentu saja apresiasi kepada pemerintah yang telah dan akan terus melakukan langkah-langkah konkret untuk menurunkan defisit transaksi berjalan. Saya garisbawahi konkret karena memang sejumlah langkah telah dan akan terus dilakukan," ujarnya.

Beberapa langkah tersebut diantaranya adalah penerbitan kebijakan baru yakni program campuran 20 persen Biodiesel dengan solar (B20). Hal tersebut bertujuan untuk menyehatkan defisit transaksi berjalan atau Current Account Deficit (CAD), sebab, dapat menekan impor migas.

Selain rupiah, sejumlah mata uang negara Asia juga ikut menguat. Dolar Singapura menguat 0,04 persen, baht Thailand menguat 0,04 persen, dan peso Filipina 0,27 persen.
Sementara ringgit Malaysia turun 0,04 persen, yen Jepang 0,01 persen, dan renminbi China sebesar 0,08 persen.

Di sisi lain, mata uang negara maju mayoritas menguat terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris menguat 0,28 persen, euro menguat 0,08 persen, dan frenc Swiss menguat 0,07 persen

No comments:

Post a Comment

Pages