Polisi Sudah Dapatkan Identitas Pembawa Bendera Mirip HTI di Garut - Anti Isu

Breaking

Wednesday, October 24, 2018

Polisi Sudah Dapatkan Identitas Pembawa Bendera Mirip HTI di Garut

Add caption
Polisi mengklaim telah mengantongi identitias pemilik bendera berlambangkan kalimat Tauhid yang dibakar massa Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Garut, Jawa Barat.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan polisi sedang mengejar pemilik bendera tersebut.

"Yang membawa bendera sudah diketahui identitasnya dan sedang dilakukan pengejaran," kata Setyo di Kantor MUI Jakarta, Selasa (23/10).

Setyo mengatakan polisi belum bisa memastikan pembawa bendera tersebut merupakan anggota dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) atau bukan.

Polisi juga masih menggali keterangan dari tiga orang yang diamankan polisi pascapembakaran bendera tersebut.

"Satu dari mereka adalah ketua panitia dan dua yang membakar di video tersebut," jelas dia. 

Pemeriksaan juga tidak akan tertutup hanya pada tiga orang itu saja. Setyo bilang bisa saja bakal ada saksi lain yang ada di dalam video dipanggil oleh kepolisian untuk dimintai keterangan.

Sebuah bendera berwarna hitam dan berlambangkan kalimat Tauhid berwarna putih dibakar anggota Banser di Garut, Jawa Barat. Ada dua terminologi di masyarakat terkait bendera yang dibakar.

Ada sebagian masyarakat yang menganggap bendera yang dibakar merupakan bendera milik organisasi terlarang HTI dan adapula yang menganggap itu adalah bendera dengan kalimat Tauhid.

Polisi bakal mengindentifikasi dua terminologi itu pascapemeriksaan saksi.

"Kalau keterangan sementara dari tiga saksi mereka menyatakan ini adalah bendera HTI. Tapu ini masih keterangan pertama. Nanti kita tunggu penyelidikan," jelas dia.

Kata Setyo polisi akan mendengar masukan para ahli untuk menyelesaikan kasus ini. Polisi juga membuka pintu lebar agar banyak pihak turut memberikan pandangan terkait polemik bendera dan kalimat Tauhid itu.

No comments:

Post a Comment

Pages