Jokowi: Penting Bagi Kita Tuk Membangun Sumber Daya Manusia - Anti Isu

Breaking

Sunday, December 2, 2018

Jokowi: Penting Bagi Kita Tuk Membangun Sumber Daya Manusia

Jokowi: Penting Bagi Kita Tuk Membangun Sumber Daya Manusia
Presiden Joko Widodo menyatakan program dana desa yang disalutkan pemerintah dapat digunakan untuk membangun sumber daya manusia (SDM).

Misalnya, menyiapkan anak-anak dengan membangun lingkungan kasih sayang di pedesaan, kesehatan, hingga pengembangan ekonomi rakyat termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut Jokowi, penggunaan dana desa bertujuan untuk menurunkan tingkat kemiskinan di desa hingga dua kali lipat dibandingkan di kota. Harapannya, sekitar 1,2 juta orang desa terhindar dari kemiskinan.


"Itu apa artinya? Artinya Pemerintah memberi perhatian sangat besar kepada desa," Jokowi menegaskan.

Dia memaparkan dana desa bisa dimaksimalkan dengan berbagai inovasi, salah satunya bekerja sama dengan pelaku industri. Dengan begitu, masyarakat desa akan terhindar dari persoalan ekonomi.

Ia mencontohkan, keluarganya pernah tinggal di desa dan kala itu seluruh warga desa menanam pepaya di waktu yang sama. Permasalahan terjadi ketika seluruh warga desa memanen pepaya, sehingga pasokan berlebih dan di saat bersamaan tak ada permintaan. Alhasil, pepaya tidak bisa terjual semua hingga membusuk, dan terbuang sia-sia. Persoalan seperti itu, kata dia, bisa diselesaikan oleh pendamping desa.

No comments:

Post a Comment

Pages