Alirkan Rp 360 Miliar, 35 BUMN Beri Sambungan Listrik Gratis - Anti Isu

Breaking

Monday, January 7, 2019

Alirkan Rp 360 Miliar, 35 BUMN Beri Sambungan Listrik Gratis

Alirkan Rp 360 Miliar, 35 BUMN Beri Sambungan Listrik Gratis
Sebanyak 35 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat memberikan bantuan sambungan listrik gratis ke 392 ribu warga kurang mampu untuk wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku munculnya program ini dikarenakan dirinya mendapati masih banyak warga kurang mampu di tiga wilayah ini yang belum teraliri listrik. Padahal jaringan listrik sudah ada.

"Jadi saat saya mengunjungi Ciwidey di sana ada rumah belum tersambung listrik, padahal di depan rumah ada tiang listrik. Ternyata mereka tidak mampu bayar ke PLN dalam penyambungan pertamanya. Kalau per bulannya mereka sebenarnya mampu," cerita Rini di Kememterian BUMN.

Dari data TNP2K, Rini mengaku telah mendapat data dimana ada 360 ribu warga Jawa Barat dan Banten yang tidak mampu dan belum teraliri listrik. Belum lagi wilayah DKI Jakarta yang juga masih ada sekitar 32 ribu keluarga.

Untuk itu, melalui sinergi antar BUMN, sebanyak 35 perusahaan termasuk PT PLN (Persero) beramai-ramai memberikan subsidi kepada sekitar 392 ribu rumah tangga di tiga provinsi tersebut. Hal ini juga demi membantu pemerintah dalam pencapaian target elektrifikasi nasional mencapai 99,99 persen di akhir 2019.

"Jadi kalau ditanya mengenai nilai bantuan berapa, itu sekitar Rp 360 miliar dari total sinergi BUMN untuk masyarakat Jawa Barat, Banten dan Jakarta," ucap Rini.

Rini mentarget elektrifikasi masyarakat kurang mampu Jawa Barat, Banten dan Jakarta tersebut bisa selesai pada Maret 2019.

No comments:

Post a Comment

Pages