Rencana Jokowi Bangun Tol CIGATAS Disambut Baik Oleh Pelaku Wirausaha - Anti Isu

Breaking

Tuesday, January 22, 2019

Rencana Jokowi Bangun Tol CIGATAS Disambut Baik Oleh Pelaku Wirausaha

Rencana Jokowi Bangun Tol CIGATAS Disambut Baik Oleh Pelaku Wirausaha
Janji Presiden Joko Widodo akan membangunan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) tahun ini disambut antusias para pelaku usaha wisata di Kabupaten Pangandaran. Terwujudnya tol Cigatas yang diproyeksikan melintasi Kota Banjar hingga ke Cilacap diharapkan mendongkrak pariwisata Pangandaran.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Edi Rusmiadi menyampaikan hadirnya tol Cigatas tentu akan memangkas durasi tempuh dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya, menuju Pangandaran. Edi yakin, dengan akses yang semakin mudah, akan leih banyak wisatawan datang ke Pangandaran.

"Tinggal nanti kita siapkan rest area, informasi wisata, termasuk itenerary-nya," ujar Edi kepada detikcom, Senin (21/1/2019).

Edi berharap, hadirnya Tol Cigatas nanti akan membangkitkan sektor pariwisata di destinasi-destinasi terdekat dari pintu tol, terutama di Kecamatan Padaherang dan Mangunjaya, sebelum menuju obyek-obyek wisata utama di Pangandaran.

Senada, Sekretaris Association of Tours and Travel Agencies of Pangandaran (ATTAP) Sumarwoto menyampaikan, para pengusaha biro perjalanan di Pangandaran sangat antusias dengan rencana pembangunan Tol Cigatas.

Menurut Sumarwoto, kemudahan akses akan menguatkan daya saing pariwisata Pangandaran, sesuai prinsip 3A, yakni atraction (daya tarik), amenities (fasilitas) dan accesibility (aksesibilitas).

"Khusus di travel agent, kita bisa lebih mudah menjual paket wisata, termasuk menghubungkannya dengan destinasi lain di Priangan Timur," kata Sumarwoto.

Baca juga: Dituding Hoax, Ridwan Kamil Jawab Soal Jokowi Canangkan Tol Cigatas

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berharap, setelah melintas di Banjar menuju Cilacap, tol Cigatas akan memiliki terusan ke Pangandaran di kemudian hari. Namun begitu, menurut Jeje, wacana tersebut bisa dinamis mengikuti perkembangan kondisi, terutama arus lalu-lintas ke Pangandaran.

"Pentingnya tol buat Pangandaran itu, terutama ketika season ramai. Kami yakin akan berdampak pada kunjungan ke Pangandaran. Kalau nanti setelah sampai Banjar, kunjungan ke Pangandaran sangat tinggi, kita bisa bicarakan (tol terusan)," kata Jeje.

No comments:

Post a Comment

Pages